RSS Feed
>> WELCOME TO HYUKA AFFANDIE BLOG™ <<

MAKNA BERSYUKUR KEPADA ALLAH SWT

         Hidup memang penuh banyak cobaan dan rintangan. Setiap manusia tak akan pernah luput dari lika-liku kehidupan. Kita selalu ingin menikmati hidup dengan mudah dan penuh kebahagiaan, namun sebenarnya hidup ini tidak semudah yang manusia harapkan. Sesungguhnya hidup ini adalah jalan yang curam dimana manusia  yang lemah tanpa usaha maka dia tak akan lama menunggu kegagalan. Pernah kah wahai manusia berpikir bahwa ALLAH memberikan kita banyak kenikmatan yang tiada terbatas. Subhanallah ...sungguh besar karunia yang engkau berikan kepada kaum adam dan hawa di muka  bumi. 
ALLAH telah memberikan segala kebutuhan  untuk manusia dalam kehidupan, tapi terkadang  mereka lupa bersyukur. Mereka lupa bahwa apa yang mereka punya adalah pemberian ALLAH.  BERSYUKUR kata ini yang terkadang dilupakan manusia karena telah menemukan kesenangan. Ketika melihat teman punya mobil mewah,HP canggih, Baju mahal,Rumah seperti Istana pasti kita juga menginginkannya. Dan selanjutnya perbuatan dilakukan manusia agar bisa lebih dari manusia lain dengan cara yang negatif seperti mencuri, membunuh, merampok dll. Semua itu mereka lakukan demi mengikuti ego supaya bisa menunjukkan bahwa mereka lebih segala-galanya dari pada yang lain. Seandainya saja manusia tidak selalu melihat ke atas tapi melihat ke bawah, melihat bahwa ternyata kita masih lebih beruntung dari saudara-saudara kita yang kurang mampu. Yang perlu di ingat adalah apapun yang kita punya, walaupun hanya sedikit tiada salahnya jika kita mengucap kata SYUKUR kepada ALLAH SWT.
Salah satu ayat Al-Qur’an yang menerangkan mengenai arti syukur kepada ALLAH adalah sebagai berikut :
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS . Ibrahim : 14)
Dan kemudian Allah mengancam manusia yang tidak mau bersyukur melalui ayat ini :
“Sesungguhnya bagi kaum Saba’ ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (kepada mereka dikatakan): `Makanlah olehmu dari rezki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun.`Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr. Demikianlah Kami memberi balasan kepada mereka karena kekafiran mereka. Dan Kami tidak menjatuhkan azab (yang demikian itu), melainkan hanya kepada orang-orang yang sangat kafir.” (QS. Saba` : 15-17)
Sesungguhnya BERSYUKUR adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan manusia sebagai bentuk ucapan terima kasih kita kepada ALLAH SWT atas segala nikmat-Nya. Adapun ayat yang menjelaskan mengapa kita harus bersyukur kepada ALLAH SWT :
“Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu, berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai. Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang. Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim : 32-34)
            Selanjutnya ALLAH memberikan MANFAAT bagi orang-orang yang mau bersyukur melalui ayat berikut ini :
“Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat itu. Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS. Ali Imran: 145)
            Intisari yang dapat kita ambil dari ayat-ayat yang menjelaskan mengenai BERSYUKUR adalah ALLAH akan memberikan kita pahala dan nikmat yang lebih dari apa yang kita bayangkan jika manusia mau bersyukur kepada-Nya. Dan ALLAH akan memberikan azab yang sangat pedih kepada manusia yang tidak mau bersyukur kepada ALLAH SWT.

2 komentar:

Rizky Another mengatakan...

Like this! (^o^)V

sri khottun amalia mengatakan...

, , bagus n menarik

Poskan Komentar

Facebook

>> TOLONG ISI BUKU TAMU SEBELUM MENINGGALKAN BLOG INI - TERIMA KASIH <<